Jefar Share anything for anyone

9 Oleh-Oleh Khas Pesisir Selatan (Sumbar) Yang Harus Diketahui

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wilayah Pesisir Selatan memang memberikan ketertarikan sendiri untuk mendatangkan para wisatawan. Bukan hanya sekedar tempat wisatanya yang indah, tetapi ada banyak kuliner khas yang patut untuk dicoba.

Jika Anda berkunjung ke daerah ini, pastikan untuk membawa oleh-oleh khas pesisir selatan di bawah ini, yang dilansir dari website Minangku :

1. Sate Lokan

Sate pasti sudah sangat familiar untuk Anda nikmati sehari-hari. Sate pada umumnya terbuat dari daging ayam, kambing bahkan sapi.

Tetapi, jika Anda berkunjung ke daerah pesisir selatan, Painan, Anda akan menemui sate lokan yang terbuat dari kerang muara. Kerang jenis ini dibudidaya di perairan lumpur.

Cara pembuatan sate lokan sama seperti sate pada biasanya. Bumbu sate lokan terbuat dar rempah khas daerah pesisir dengan cita rasa yang kuat.

Penyajian makanan ini menggunakan alas daun pisang dengan irisan ketupat sebagai pendampingnya. Kemudian kuah sate disiram dan bisa langsung Anda nikmati.

Jika Anda membawa makanan ini sebagai oleh-oleh, pastikan untuk segera memakannya karena kuah sate lebih cepat mencair sehingga rasanya menjadi kurang nikmat.

Harga untuk menyantap sate Lokan sangatlah terjangkau yakni Rp 3.000,- per tusuk atau Rp 30.000,- per porsinya.

2. Randang Lokan

Rendang memang menjadi makanan khas Indonesia yang banyak disukai masyarakat dari semua kalangan. Di wilayah pesisir selatan, makanan ini disebut randang.

Jika biasanya rendang atau randang ini terbuat dari daging sapi, maka berbeda halnya dengan randang lokal yang terbuat dari daging kerang muara.

Hasil kerang muara yang melimpah membuat masyarakat pesisir berinovasi membuat makanan khas dari kerang dengan cita rasa unik dan nikmat.

Randang lokal akan menghasilkan rasa rempah yang kuat dengan perpaduan tekstur lembut dan kenyal dari kerang muara. Makanan ini wajib dicoba dan dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Baca Juga  5 Es Takjil Favorit di Bulan Puasa

Harga randang lokan mulai dari Rp 50.000,- dengan berat 250 gram. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh atau warung makan terdekat.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk membawa ke luar kota karena disediakan kemasan vakum yang aman dan bertahan maksimal 1 minggu.

3. Mangkuak Badeta Batang Kapas

Mangkuak badeta batang kapas menjadi salah satu makanan khas Painan, pesisir selatan yang harus Anda coba.

Tidak hanya itu, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok dinikmati sambil minum teh hangat maupun kopi.

Mangkuak dibuat dari tepung beras, gula pasir, gula aren, santan dan bahan pelengkap lainnya.

Makanan ini semakin bertambah nikmat dengan tambahan deta (percikan parutan kepala).  Keunikan dari mangkuak adalah cara memasaknya yang dicetak menggunakan tempurung kelapa, kemudian dikukus dengan cara tradisional. 

Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas pesisir selatan ini di beberapa toko pinggir kota Painan.

4. Palai Bada

Makanan super lezat dari pesisir selatan yang wajib Anda coba yaitu palai bada. Biasanya, makanan ini digunakan sebagai lauk, akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

Palai bada sendiri dibuat dari ikan bada yang dicampur rempah-rempah khas Painan dan parutan kelapa. Nama lain dari Palai bada ini disebut juga pepes ikan bada.

Kelezatan palai bada tidak hanya disebabkan cara pengolahan dan bumbunya saja, tetapi juga aroma daun pisang juga menambah kenikmatan makanan ini.

Anda bisa memilih palai bada bakar bercita rasa pedas (warna merah) atau tidak pedas (warna kuning).

Ketika Anda berlibur di Painan, mungkin saja tidak menemukan palai bada di setiap toko oleh-oleh atau warung makan. Biasanya, daerah yang menjual makanan ini berada di deretan toko oleh-oleh pusat kota.

Baca Juga  5 Es Takjil Favorit di Bulan Puasa

Soal harga palai bada, Anda tidak perlu khawatir akan menguras kantong karena harganya hanya Rp 3.500/ bungkus.

5. Teh Talua

Setelah membahas camilan hingga makanan berat khas pesisir selatan, ternyata wilayah ini juga memiliki minuman khas yang sayang jika tidak dicoba.

Teh talua atau teh telur menjadi minuman paling populer di wilatyh pesisir selatan, bahkan menjadi konsumsi wajib untuk masyarakat sekitar. Biasanya, teh ini juga disebut dengan teh talua empat tingkat atau teh talua belenggek.

Teh telur, apakah Anda bisa membayangkan rasanya?  Minuman ini tergolong cukup unik baik komposisi campurannya maupun cita rasa yang dihasilkan. Bahan pembuatan teh ini adalah teh, gula, susu dan telur ayam kampung atau itik.

Cara pembuatannya yakni telur ayam kampung/ itik dikocok dahulu dan dibiarkan mengendap sebentar di gelas.

Kemudian, susu putih dimasukkan dan didiamkan sebentar. Selanjutnya gula pasir dimasukkan dan teh hangat dituangkan dengan perlahan agar menghasilkan minuman empat tingkat. Untuk menikmati teh ini, Anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 7.000,- saja.

6. Soto Paru

Soto paru merupakan salah satu kuliner khas yang disarankan untuk Anda coba saat berlibur di daerah pesisir selatan. Soto ini sama halnya dengan soto lain yang terdiri dari kuah soto, bihun, bawang goreng dan bahan pelengkap lainnya.

Namun, daging soto yang biasanya menggunakan ayam atau sapi, pada soto khas pesisir ini menggunakan paru goreng yang diiris kecil-kecil.

7. Pinukuik Batang Kapas

Makanan khas yang tidak boleh terlewat untuk dijadikan oleh-oleh khas pesisir selatan adalah pinukuik batang kapas. Makanan ini bisa dikatakan sebagai pancake ala pesisir selatan.

Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras, kelapa, gula dan vanili. Cara memasaknya pun cukup unik karena tidak menggunakan api kompor, tetapi bara api dari serabut kelapa.

Baca Juga  5 Es Takjil Favorit di Bulan Puasa

Biasanya, masyarakat sekitar menjadikan pinukuik batang kapas sebagai camilan di pagi hari dengan segelas kopi, teh atau susu. Anda bisa membeli makanan ini di toko oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

8. Sala Bada

Jika di wilayah Jawa memiliki makanan ringan seperti gorengan bakwan, weci dan semacamnya, di wilayah pesisir selatan juga memiliki gorengan sala bada.

Makanan ini bisa Anda temui di mana saja karena menjadi camilan sehari-hari masyarakat pesisir selatan.

Sala bada dibuat dari tepung terigu, tepung beras, garam, gula, daun bawang dan ikan bada. Semua bahan dicampur, kemudian dibentuk sesuai selera (biasanya berupa bola-bola).

Setelah itu, adonan langsung digoreng. Sala bada terasa lebih nikmat jika ditambahkan dengan cabe atau saus pedas.

9. Kain Tenun dan Batik khas Pesisir Selatan

Oleh-oleh khas yang dimiliki daerah pesisir selatan tidak hanya berupa kudapan yang lezat saja, tetapi juga kerajinan berupa kain tenun dan batik.

Kain tenun khas pesisir memiliki motif yang unik dan mencerminkan kebudayaan leluhurnya. Hal ini juga berlaku untuk motif kain batik khas pesisir selatan.

Jika Anda ingin membeli buah tangan kain tenun maupun batik, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 350.000,- per potongnya.

Harga tersebut sangatlah terjangkau dan sebanding untuk koleksi kain etnik yang unik dengan makna filosofi dari kebudayaan daerah.

Demikian, beberapa rekomendasi Oleh-oleh Khas Pesisir Selatan Sumbar yang wajib diketahui, untuk hadiah bagi keluarga dan teman-teman di kampung.

Jefar Share anything for anyone

5 Es Takjil Favorit di Bulan Puasa

Punya rencana untuk berbagi macam takjil ketika bulan Ramadhan? Berbagi takjil itu adalah hal yang baik. Anda bisa meneruskan niat baik ini. Nah, ngomong-ngomong soal es...
Jefar
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *