Jefar Share anything for anyone

60++ Manfaat Jogging Pagi, Siang, Sore, Malam hari

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Olahraga adalah satu kebutuhan yang wajib dilakukan oleh setiap manusia. Sebab, tanpa berolahraga, kita akan mudah terserang penyakit. Dengan rutin berolahraga, kita akan senantiasa terjaga kesehatannya. 

Baiklah, dalam artikel ini saya akan menjabarkan mengenai manfaat jogging secara umum. Dan tidak lupa pula, saya juga akan membagian manfaat jogging atau lari pagi, manfaat jogging siang, manfaat jogging sore. Sekaligus saya akan memberitahukan jam berapa waktu jogging yang baik. 

Pengertian Jogging

Menurut Rachmad Wishnu Hidayat, seorang dosen fakultas kedokteran di Universitas Indonesia, menyatakan bahwa jogging adalah lari santai yang bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jogging juga mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). 

Namun menurut Dr. George Sheehan, seorang pakar di bidang Jogging, mengatakan bahwa jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan 9,7 km/jam. Jika lebih dari itu, maka disebut lari. Itulah perbedaan Jogging dan lari.


Apa saja manfaat dari jogging setiap hari?



Meningkatkan kualitas tidur 
Dari studi yang dilakukan bagi penderita insomnia khususnya wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih, mereka diminta untuk jogging secara teratur dengan pola durasi 60 menit per minggu. Hasilnya penderita insomnia dapat mempercepat waktu tidur mereka. Bahkan semakin tidur lebih nyenyak dari biasanya.

Sistem Imun 
lari atau jogging secara rutin membuat daya tahan tubuh anda meningkat. Kenapa bisa? Sebab sel-sel darah merah dan hemoglobin semakin bertambah dalam tubuh anda. Lari atau jogging juga mampu menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar, dan memperbaiki metabolisme tubuh anda. Tentunya dapat menurunkan berat badan tubuh anda.

Meningkatkan Proses Pemikiran yang sehat
Dengan jogging rutin, aktivitas otak anda akan meningkat. Sebab ketika anda sedang berlari, otak anda menghasilkan beberapa solusi kreatif untuk setiap permasalahan yang sedang anda hadapi. Kok bisa? Sebab ketika berlari, asupan oksigen bertambah, dimana oksigen membantu sistem sarafa pusat (otak) berfungsi lebih aktif dari biasanya.

Menghindari Hipertensi (darah tinggi)Bagi penderita hipertensi tidak dibolehkan olahraga berat sebab akan memacu kerja jantung. Ternyata pakar mengatakan bahwa jogging justru baik untuk jantung, asalkan tidak terlalu kencang larinya.

Kesehatan Jantung Jogging adalah salah satu latihan kardio yang baik. Hal ini dapat memperkuat otot jantung. Bahkan jogging dapat mengendalikan tekanan darah, kolesterol, kadar glukosa darah. Jogging mampu membuat kolesterol tidak terendap terlalu lama dalam pembuluh darah anda. Lari secara rutin akan menguatkan jantung anda. Sebab dengan berlari, akan menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Sehingga membuat jantung anda semakin kuat dari sebelumnya. Dan hasil studi menyatakan bahwa jika anda berlari setidaknya 16 km dalam seminggu, anda akan dapat mengurangi resiko tekanan darah hingga 39%. Dan masalah endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis) dapat dikurangi hingga 34%.

Meningkatkan Kesehatan Tulang 
Bertambahnya usia, membuat kekuatan tulang dan sendi semakin berkurang yang berakibat mudah rapuh. Tulang mengalami beberapa tekanan ketika anda jogging dan jaringan tulang siap untuk beban tambahan setiap harinya. Berlari juga dapat memperkuat tulang serta membantu pencegahan cedera tulang. Jogging membuat intenitas lebih tinggi pada tulang dan sendi yang meningkatkan fungsi persendian dan memperbaiki komposisi lutut.

Kesehatan mental 
Ketika anda melakukan jogging, tubuh anda akan melepaskan hormon endorfin. Tahukah anda, hormon endorfin adalah hormon kegembiraan. Disaat endorfin dalam darah meningkat, anda akan mengalami sedikit perasaan senang sehingga depresi, stres serta kecemasan anda hilang. 

Pengembangan Otot 

Ketika anda melakukan jogging, maka otot-otot besar tubuh anda yang paling bekerja. Jogging dapat membantu mengencangkan otot paha belakang, otot gluteus, otot betis, sehingga membuat tubuh anda ramping serta kencang.

Menurunkan berat badan 
Jika anda bertanya, “apakah jogging bisa menurunkan berat badan?”. Maka jawabannya adalah benar. Jogging dapat membantu dalam pembakaran dua kali ekstra kalori. Terlebih jika anda melakukan diet yang tepat. Sebab jogging adalah latian aerobik, dimana dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran lemak. 

Kesehatan Sistem pernapasan (Paru-paru) 
Jogging adalah olahraga aerobik, dimana olahraga ini membutuhkan oksigen dalam jumlah besar. Jogging dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dalam menyerap oksigen sehingga dapat mempercepat pertukaran udara yang terjadi dalam paru-paru. Lari juga meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan. Dan tentunya mempercepat paru-paru menumbuhkan lebih banyak alveolus (tempat pertukaran gas/udara). Bahkan ada penelitian terhadap penderita asma, mereka disuruh untuk jogging pagi selama 3 bulan, hasilnya serangan asmanya jarang kambuh. 

sistem Kekebalan Tubuh Meningkat 
Dengan jogging, kekebalan tubuh anda semakin menguat untuk melawan berbagai macam infeksi. Lari dapat membantu peningkatan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres, kelelahan, dan depresi. Dengan rutin jogging, sel darah putih serta anti bodi semakin meningkat. Nah kegunaan dari keduanya adalah melawan bakteri. Bahkan tubuh anda dapat mendeteksi penyakit dengan cepat. 

Aliran darah sehat 

Kapasitas otot untuk menyerap akan meningkat jika anda rajin jogging.jantung akan memompa jumlah darah lebih besar dan banyak per siklusnya. Saat aliran darah meningkat, sehingga konsumsi oksigen juga meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh anda akan menerima lebih banyak darah yang mengandung oksigen serta nutrisi. 

Kesehatan Tulang Kaki 
Gerakan aktif pada kaki saat jogging dapat membuat sel-sel tulang cepat bergerak. Lari membantu serta menjaga dan membangun ketebalan tulang. Jogging juga membantu meningkatkan kekuatan tulang belakang dan pinggul. Membiasakan lari atau jogging akan memberi efek positif untuk tulang dan sendi tubuh anda. Sebab hal ini dapat mencegah penyakit sendi degenratif atau ostearthritis bagi orang lansia. 

Menghilangkan Asma 
Dalam penelitian kepada penderita asma, mereka disuruh untuk jogging secara rutin selama 3 bulan. Alhasil mereka jarang kambuh asmanya dan semakin membuat lega dalam bernapas. 

Jogging secara rutin dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.
Jogging meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat anda mudah lapar. Jadi jika anda bertanya, “apakah jogging baik untuk orang kurus?”. Saya jawab, ya, sangat bagus dan sangat direkomendasikan. Dengan jogging anda mudah untuk makan (bagi orang kurus untuk menjadi gemuk). 

Melancarkan Menstruasi 
Ternyata ada juga manfaat jogging saat datang bulan atau menstruasi bagi wanita loh. Dengan rutin jogging, siklus menstruasi anda akan menjadi lebih baik. 

Regenerasi sel hati 
Sebuah penelitian membuktikan bahwa berlari secara rutin mampu meningkatkan regenerasi sel-sel dalam hati. 

Anti Menua 
Sebuah data juga menyatakan bahwa jogging rutin mampu meningkatkan harapan hidup lebih lama sekitar 5 – 6 tahun bagi pria dan wanita (panjang umur). Secara mental dan fisik akan semakin sehat berkat jogging rutin. Tingkat energi positif menjadi tinggi ketika melakukan jogging. Hal itu membuat anda tetap awet muda dan mencegah penuaan. Dan jogging dapat meningkatkan kadar darah dan oksigen ke dalam pembuluh darah kulit. 

Mencegah diabetes 
Dalam batas normal, glukosa bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, namun jika glukosa berlebih dapat mengakibatkan diabetes melitus (kadar gula tinggi). Dengan melakukan jogging, anda dapat menjaga kesehatan sehingga dampak negatif dari diabetes minimal anda kontrol.

Cara mengatur Pernapasan saat Lari / Jogging Pagi, Siang, Sore hari. 
Saya akan jelaskan teknik-teknik dasar mengatur pernapasan saat jogging supaya terhindar dari cedera serius.

Bernapaslah melalui mulut

Biasanya kita bernapas melalui hidung saja, namun saat lari kita membutuhkan asupan oksigen dalam jumlah banyak, sehingga bernapas melalui mulut adalah salah satu solusinya. Cara yang benar saat Bernapas menggunakan mulut adalah tidak tergesa-gesa dan tetap stabil. Dan untuk menghembuskannya juga stabil.

Berlari atau melangkah dengan langkah yang panjang 

Sebab berlari dengan langkah pendek akan menguras tenaga, maka dari itu melangkahlah lebih panjang.

Stabilah dalam Berlari 
Anda jangan memaksakan diri untuk mempercepat saat jogging, dan anda juga jangan terlalu memperlambat langkah lari anda. Stabilkan dalam berlari, agar tidak mudah lelah.
Meningkatkan nafsu makan 

Cara melakukan gerak jogging yang benar : 
Bangunlah sebelum jam 6 pagi (wajib jam 4 subuh bagi orang islam untuk shalat) untuk jogging pagi, ini adalah jawaban dari pertanyaan, “olahraga jam 5 pagi apakah baik?”. 

Jika anda bertanya, “jam berapa waktu jogging yang baik? Yaitu waktu terbaik jogging pagi antara pukul 06:00 – 07:00 di mana sinar matahari baru terbit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D. Embun pagi juga belum kering serta masih bebas polusi udara dan debu beterbangan. 

Lakukanlah Pemanasan.

Cara pemanasan sebelum jogging yang benar adalah Tingkatkan denyut jantung anda dengan pemanasan secara perlahan. Pemanasan dapat mengurangi stres jantung. Dan sebelum lari, cobalah dengan jalan cepat beberap menit saja. 

Atur posisi tubuh anda. 
Posisi Kepala
Sewaktu berlari, posisi kepala anda harus ditegakkan. Janganglah menunduk atau mendongak. Sebab jika menunduk dan mendongak, maka akan menghambat masuknya udara dari saluran pernapasan (mengakibatkan cepat lelah). 

Posisi Lengan 
Tekuklah siku 90 derajat dan ayunkan ke depan dan ke belakang mengikuti irama kaki dan ayunan sejajar dengan pinggang anda. Tujuannya adalah menyeimbangan tubuh anda supaya tidak jatuh. 

Posisi tangan
Tangan anda dalam keadaan menggengam, ditekuk dan dilepas secara perlahan. Jangan terlalu kencang dalam mengepalkan telapak agar tidak membuat otot-otot lengan anda terasa tegang. 

Posisi Perut

Tariklah otot perut anda ke dalam, tahan posisi seperti itu selama berlari. Supaya perut anda menjadi ramping. 

Posisi Kaki 
Ketika kaki anda menapak tanah, usahakan bagian depan kaki yang mendarat ke tanah lebih dulu bukan bagian tengah kaki atau tumit. Sebab posisi kaki yang menyentuh tanah sangat berpengaruh terhadap kinerja dan efisiensi, agar anda tidak cepat lelah. 

Berlari lalu berjalan lalu sebaliknya dan seterusnya. 

Anda jangan memaksakan diri untuk terus berlari. Maka cobalah anda sesering mungkin mengubah pola jogging dengan cara beberapa kali berlari, kemudian beberapa kali berjalan santai, untuk mengistirahatkan sejenak tubuh anda sembari mengatur pernapasan dan mengumpulkan tenaga. 

Mulai Jogging dengan perlahan-lahan 

Cobalah jogging dengan jarak pendek dulu, jangan paksa tubuh anda untuk jogging dengan jarak tempuh jauh sekaligus. Saya sarankan, tambahkan jarak tempuh perlahan-lahan agar bertambah kuat sedikit demi sedikit. 

Selalu bawa air minum 

Tentunya olahraga jogging akan menguras keringat, maka sebab itu perlunya membawa air minum secukupnya untuk menghindari dehidrasi. 

Baca Juga  Beberapa Persyaratan dari BPJS Kesehatan

Rutinkan Jogging setiap hari 
Jika anda bertanya, “berapa lama waktu jogging yang baik?” maka jawabannya adalah jogging setidaknya 150 menit per minggu dengan jarak tempuh 1,6 km setiap hari.

Manfaat Jogging di Pagi Hari

Apakah manfaat lari bagi kesehatan tubuh kita? Kita sudah tahu, bahwa bangun pagi itu adalah hal yang susah untuk dilakukan, namun mengandung banyak manfaat. Terlebih jika anda mampu melakukan jogging, maka anda selalu terjaga dalam kesehatan. 

Manfaat jogging pagi hari membuat tubuh bergerak aktif sehingga proses metabolisme tubuh anda berjalan baik. Persendian tulang anda juga terlumasi dengan lancar. Aliran darah lancar sehingga rasa nyeri dan pegal hilang. 

Lari pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bukan hanya itu, di pagi hari, sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D, dimana baik untuk tulang agar kokoh dan pada. Dalam penelitian di Universitas Missouri membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para pesepeda. Hasilnya 63% peseda mempunyai kepadatan tulang kurang baik dibandingkan pelari yang hanya 19%. Jogging juga dapat mencegah rematik bagi lansia. Rematik adalah Pegal-pegal / nyeri pada anggota gerak. Kenapa? Karena ketika persendian menjadi kaku, pengapuran, peradangan, otot-otot tegang, tulang keropos, dan lain-lain. Lari pagi membuat aktif dalam menggerakan kedua kaki pinggul dan tangan. Bahkan gerakan itu membuat otot menjadi lebih lentur, ketegangan berkurang, dan membuat persendian terlumasi dengan baik dan tulang menjadi kuat.

Waktu lari / jogging yang baik :
Biasanya dimulai jam 04:00-09:59 atau 06:00-09:00. Disaat itulah dapat meningkatkan fisik tubuh, stamina, maupun kesehatan tubuh. Selain itu matahari pagi juga mengandung vitamin D. Manfaat Jogging pagi hari untuk peningkatakn kesehatan pernapasan dan kesehatan fisik.
Namun, melakukan lari pagi itu bukan tanpa efek samping. Tantangan tersebar jogging pagi adalah anda dapat mudah menderita cedera. Karena apa? Sebab otot kita belum panas. Kita belum merangsang pergerakan otot. Sehingga jika kita langsung memacu kecepatan lari, otot kita akan menderita kekagetan lalu cedera. 

Maka dari itu, saya akan membagikan cara lari pagi yang benar, antara lain : 

  • Pilihlah kaos yang agak longgar serta fleksibel agar anda dapat menggerakan tubuh anda lebih nyaman. Usahakan kaos yang mudah menyerap keringat supaya cepat kering seperti spandex / poliester. Biar apa? Biar tidak menimbulkan bintik merah pada kulit anda.
  • Pilihlah sepatu jogging yang cocok dan nyaman untuk kaki. Gunakanlah sepatu bersol empuk dan lentur terutama sepertiga bagian depan. Leher sepatu tidak menutupi mata kaki anda (contoh sepatu basket.
  • Usahakan anda tidur lebih awal pada malam harinya. Supaya anda bangun tidur lebih pagi, untuk memulai sarapan. Ingat, untuk melakukan jogging, setidaknya anda harus menunggu 30 menit – 60 menit setelah sarapan. Sarapan yang paling direkomendasikan adalah roti tawar gandumg, jus tanpa gula, susu rendah lemak, jus, yoghurt dan buah pisang. Dan tentu perbanyak meminum air putih (jangan kopi).
  • Lakukalan pemanasan atau peregangan sebelum jogging. Ingat, jogging pagi hari memerlukan waktu pemanasan lebih lama dibandingkan jogging siang atau sore hari. Otot anda masih dalam keadaan kaku setelah tidur malam. Tipsnya, mulailah pemanasan dengan berjalan kaki, mengangkat lengan ke atas (untuk mempercepat detang jantung anda serta menarik nafas dalam-dalam dan hembuskan). Lalu sekitar 5 menit, putar pergelangan kaki, lutut, kepala anda. Atau bungkukkan badan sampai ujung tangan mencapai jari kaki dan putar kepala ke arah kanan lalu kiri.
  • Pilihlah jalan untuk jogging bebas dari polusi udara. Untuk mendapatkan manfaat jogging pagi hari bagi pria / bagi wanita, maka anda harus melalui rute jalan yang banyak pepohonannnya. Dan lakukan jogging pagi, setidaknya 25 menit per hari selama 5 hari dalam 1 minggu.
  • Gabungkan dengan latian membentuk otot. Bawalah barbel seberat < 1,5 kilogram untuk melatih otot anda.
  • Setelah lari pagi, apa yang harus dilakukan setelah olahraga?, maka lakukanlah pendinginan selama beberapa menit. Tahukah anda, ketika anda berhenti dari jogging, tubuh anda masih membakar kalori. Maka dari itu diperlukan pendinginan untuk memuluskan penyesuaian tubuh anda sebelum anda beristirahat. Lakukanlah dengan berjalan kaki. Dan alternatif lainnya tarik napas dalam-dalam lalu biarkan tubuh santai selama 1-2 menit. Lakukan sebelum mulai makan berat, mandi, atau aktivitas lainnya.

Apakah manfaat dari jogging di pagi hari? 

  • Jika anda bertanya, “Berapa kalori yang dibakar saat jogging 30 menit? Maka jawabannya adalah Melakukan jogging pagi hari minimal 30 menit, dapat membakar sampai 300 kalori otomatis dapat menurunkan berat badan. Secara rata-rata, lari dengan kecepatan 8 km/jam dapat membakar 295 kalori. Sedangkan berjalan cepat sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori. 
  • Durasi jogging untuk menurunkan berat badan adalah setidaknya 3 kali seminggu dengan total waktu sekitar 60-90 menit. Tetapi untuk pemula, mulailah dengan pola 10 menit per hari, baru tingkatkan secara bertahap. 
  • Meningkatkan kekuatan tulang anda. Karena jogging pagi hari dapat mencegah cedera serta trauma pada tulang. Dan lari pagi dapat menurunkan resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan arhritis reumatoid (radang sendi). 
  • Dapat membentuk otot hamstring, beti, dan sekitarnya. 
  • Dapat menyegarkan pikiran (terlepasnya hormon endorfin dalam tubuh) 
  • Dapat meredakan stres sampai meningkatkan semangat anda. 
  • Dapat menyehatkan jantung, sebab jogging adalah jenis olahraga kardio yang memompa darah lebih cepat ke jantung hingga tekanan darah menjadi normal, menormalkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. 
  • Dapat menyehatkan sistem pernapasan, membuat kapasitas paru-paru membesar dan otot pernapasan menjadi kuat. 
  • Memperkuat sistem imun sehingga tubuh anda menangkal infeksi virus atau bakteri. 
  • Membuat anda jauh lebih awet muda. Jogging pagi membuat kulit anda mendapat asupan oksigen serta darah lebih banyak. Sehingga dapat mempercepat regenerasi sel kulit anda yang menampakkan anda lebih segar dan awet muda. 
  • Jogging dapat membantu membakar kalori, sehingga anda dapat menurunkan berat badan. manfaat jogging selama 30 menit dalam kecepatan sekitar 10 km/jam mampu membakar kalori anda sekitar 290 – 365 kalori. Jadi jika anda bertanya, “apakah jogging bisa menurunkan berat badan?” saya simpulkan, ya dengan jogging, anda akan mendapat tubuh ideal. 
  • Manfaat jogging 30 menit secara rutin setiap hari berguna untuk menjaga kondisi jantung anda. 
  • Stamina anda akan meningkat sebab jogging di pagi hari sangatlah bermanfaat. Udara masih bersih bebas polusi, lingkungan masih sepi damai. Dapat menyejukkan pikiran dan pernapasan, dan anda akan memiliki energi stamina untuk aktifitas anda. 
  • Mencegah atau mengatasi Diabetes. Sel-sel tubuh kita membutuhkan insulin untuk dimasukan ke dalam glukosa. Tetapi ada masanya ketika sel-sel tidak peka terhadap insulin. Seperti terlalu banyak cadangan energi, jaringan lemak (gemuk/obesitas). Maka makanan akan menumpuk di dalam darah melebih batas normal (hiperglikemia). Maka terjadilah penyakit diabetes melitus / kencing manis. Penelitian menyatakan bahwa dengan berlari di pagi hari dapat mengurangi risiko diabetes hingga 5%. Jogging pagi memiliki manfaat dapat meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin, hingga menjaga agar gula darah selalu dalam kadar nomal.
  • Dapat mencegah Demensia. Dalam jurnal American Geriatric Society menyatakan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari / jogging pagi sejak remaja, kebanyakan akan terhindar dari resiko kepikunan (demensia) di saat usia senja. Studi lain juga menemukan bahwa manfaat lari pagi / lari subuh dapat meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingat.
  • Mencegah Impotensi. Dalam penelitian membuktikan bahwa 3000 kalori per minggu dibakar dari aktivitas lari pagi. Dan dapat menghindarkan risiko disfungsi ereksi dengan efektifitas hingga 83%. Jogging pagi hari akan meningkatkan fungsi organ reproduksi bagi pria. Sebab aliran darah ke organ intim pria menjadi lebih lancar.

Kerugian Jogging Pagi : 

  • Otot masih dingin, kaku, tidak fleksibel rentan cedera
  • Agak susah melakukannya karena temperatur tubuh masih rendah dan tubh masih belum terlalu siap melakukan aktivitas fisik berat.

Maka solusinya adalah lakukan pemanasan sebelum jogging. Jadi anda tidak akan melawan resistensi di otot saat jogging pagi.

Manfaat jogging siang

Ada beberapa manfaat lari siang, salah satunya adalah lari siang hari membakar lemak. Kok bisa? Sebab pada siang hari tubuh akan cepat berinteraksi dengan suhu udara panas dan lebab, sehingga mempercepat tubuh mengeluarkan keringat. 

Jadi, waktu lari yang baik untuk menurunkan berat badan adalah jogging / lari siang. Karena otomatis tubuh akan mempercepat proses pembakaran lemak serta pembuangan racun melalui keringat. Maka, tubuh anda akan menjadi ideal atau kurus. 

Namun perlu diingat, sebaiknya anda pilih lokasi atau tempat jogging siang jauh dari jalan raya. Pilihlah di tempat teduh banyak tanaman hijau, taman, kebun, supaya anda terhindar dari polusi radikal bebas. 

Saya akan berikan tips terbaik sebelum jogging siang hari. 

  • Minum 1 atau 2 gelas air putih sebagai bahan anda agar tidak kekurangan cairan.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman yang paling baik yaitu sepatu.
  • Mulailah dengan jalan biasa, jalan cepat, lalu berlari secara bertahap.
  • Jika anda bertanya, “berapa lama jogging?” maka jawabannya adalah selama 30-45 menit sebanyak 3-4 kali dalam satu minggu. Maka anda akan mendapatkan manfaat jogging bagi / untuk kesehatan.

Manfaat Lari / Jogging Siang

  • Dapat menurunkan Berat Badan. Jika anda bertanya, apakah lari siang dapat menurunkan berat badan dengan cepat?” maka jawabannya adalah iya. Karena Suhu panas dan lembab pad siang hari mendorong tubuh berkeringat serta enzim-enzim. Pencernaan anda semakin aktif bekerja menghancurkan lemak dalam tubuh bagi anda yang mengalami kegemukan atau obesitas. Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan adalah jogging / lari siang sebab cuacanya panas dan lembab, dijamin anda akan cepat mendapatkan tubuh ideal anda.
  • Dapat Menstabilkan Peredaran Darah
  • Dapat menguatkan jantung. Anda dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat jika sering jogging. 
  • Dapat mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh anda. Metabolisme tubuh anda akan stabil jika anda rutin jogging disertai mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Jauhilah makanan yang mengandung lemak jenuh, olahan. Dan hindari polusi udara serta radikal bebas.
  • Dapat mempertahankan kekuatan otot.
  • Terhindar dari Sel Kanker. Orang banyak menganggap jogging siang membuat tubuh cepat lelah, berkeringat dan terlalu memacu jantung. Sebenarnya efek tersebut sangat bagus untuk mencegah terjadinya sel kanker khususnya bagi yang memiliki riwayat kanker sendiri atau turunan (warisan). Sel kanker tidak akan berkembang jika memiliki sistem metabolisme yang sehat dan sistem imun yang baik.
Baca Juga  7 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Jam berapa lari siang yang baik? 
Biasanya dimulai dari jam 10:00-14:59. Dan lebih optimal di jam / pukul 10:00-11:00, hanya 1 jam. Selama jam tersebut memiliki pancaran vitamin D yang cukup tinggi bagi tubuh kita. Selain itu dapat membakar lemak lebih banyak dan mengeluarkan lebih banyak keringat yang berfungsi untuk membuang penyakit. 

Jika anda bertanya, “apakah ada manfaat lari siang pakai jaket sauna?” jawabannya ada di bawah ini. 

Walaupun lari atau jogging siang banyak manfaat, namun ada pantangan yang harus dihindari, yaitu memakai Jaket. 

Sekitar 70 pesen orang berpikir untuk mendapat keringat banyak ketika lari / jogging siang adalah dengan menggunakan jaket / sauna. Padahal anggapan itu salah. 

Ada beberapa alasan kenapa anda dilarang memakai jaket sauna saat lari / jogging siang, antara lain: 

  • Tubuh anda akan mudah mengalami dehidrasi, mendadak sakit kepala, kelelahan yang berlebihan, dan dapat membuat organ tubuh anda gampang rusak karena dipaksa kerja ekstra akibat kekurangan cairan tubuh.
  • Suhu tubuh anda akan meningkat drastis secara tidak alami. Risikonya dari hal itu adalah pembuluh darah yang menuju jantung akan tersumbat, akibatnya anda akan terkena serangan jantung atau gagal.
  • Tubuh anda tidak mampu mengeluarkan racun berupa keringat karena menempel di tubuh anda akibat tertutup memakai jaket sauna.
  • Menyebabkan darah anda mengental dan menggumpal karena tersumbatnya aliran darah ke seluruh tubuh dan otak
  • Pakai jaket / sauna memang mampu membakar lemak lebih cepat, namun dapat mudah membuat gemuk kembali. Karena keringat yang keluar disertai dengan suhu tubuh terlalu panas.

Bahaya lari / jogging siang 
Walaupun lari / jogging siang itu menyehatkan, tetapi ada beberapa bahaya yang menghadang. Menurut penelitian terbaru, menyatakan bahwa olahraga siang hari justru tidak efektif dan memiliki risiko kesehatan yang diharus diwaspadai. 

Dalam penelitian University of Nebraska di Omaha menyatakan bahaya melakukan olahraga di luar rungan ketika suhu tinggi. Hal itu dapat mengakibatkan mempengaruhi sejumlah kinerja otot pada tingkat sel. 

Para peneliti mempelajari bagaimana olahraga yang dilakukan di suhu berbeda dapat mempengaruhi kinerja otot tubuh. Mereka melihat bagaiman mitokondria (generator energi di sel). 

Mitokondria adalah organel yang memainkan peranan penting terhadap fungsi respirasi sel makhluk hidup. Ketika mitokondria tidak berfungsi, ini akan menyebabkan obesitas, diabetes, penuaan, dan lain-lain. 

Penelitian dilakukan dengan cara mengamati sampel jaringan otot paha dari masing-masing peserta saat sebelum dan sesudah melakukan olahraga bersepeda selama 1 jam di ruangan yang mempunya suhu berbeda, suhu panas dan suhu dingin. 

Hasil penelitian menyatakan mayoritas peserta tampil maksimal olahraga di suhu dingin dibanding pada suhu panas. Dan respon tubuh menunjukan sangat negatif pada suhu panas. 

Seorang direktur di Sanford Sports and Science Institute bernama Michael Bergeron mengatakan bahwa olahraga di siang hari terik, dimana suhu panas, lembab dan tak berangin hingga membuat keringat tidak dapat menguap. Dan menyebabkan tubuh anda tidak bisa efektif dalam mengeluarkan panas yang diproduksi tubuh setelah olahraga fisik. Ketika tubuh mengeluarkan panas tidak efektif, maka suhu tubuh akan meningkat ke level berbahaya secara cepat. Ini akan sangat mengganggu kesehatan anda.

Inilah yang akan terjadi jika anda melakukan olahraga lari / jogging pada siang hari, antara lain : 

  • Timbul perasaan serta muntah
  • Pusing/sakit kepala
  • Kram otot
  • Dehidrasi
  • Kram otot
  • Tekanan darah rendah
  • Jantung berdebar-debar
  • Penglihatan kabur
  • Pingsan
  • Dapat merusak kulit karena kadar vitamin D terlalu banyak
  • Cepat lelah
  • Cepat kekurangan oksigen
  • Kram perut
  • Pernapasan terlalu bekerja ekstra.
  • Heat exhaustion – kelelahan luar biasa
  • Heat stroke – stroke karena suhu panas yang terjadi saat suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius

Solusi paling aman jika memang anda ingin jogging siang untuk menurunkan berat badan maka hindarilah paparan sinar matahari langsung, gunakanlah pakaian yang nyaman dan berbahan tipis dan pakailah tabir surya tahan air. Tunggu sekitar 30 mrnit setelah makan sebelum lari siang. Jika porsi banyak, tunggu 1,5 – 2 jam sebelum lari / jogging siang. Jangan lupa selalu bahwa air minum selama jogging siang.

Manfaat Jogging Sore

jogging sore sangat bermanfaat untuk relaks. Sebab seharian mungkin anda sibuk bekerja, stres, dan ingin melepas kepenatan. 

manfaat jogging setiap sore adalah mampu mengendalikan tubuh untuk relaks dari aktivitas seharian dan dapat membakar lemak. Keuntungan jogging sore yaitu anda tidak perlu harus melakukan pemanasan, sebab tubuh anda masih dalam kondisi bertenaga. 

Walaupun banyak manfaatnya, jogging sore memiliki kelemahan yakni anda akan menjadi sulit tidur. Karena kondisi tubuh anda mendapat dorongan energi setelah melakukan jogging sore.

Berapa jam jogging sore yang baik? Atau lari sore jam berapa? 

Jogging atau lari sore biasanya dimulai dari pukul 15:00-17:59 sekitar jam 3-6 sore. Dan lebih optimal adalah jam 3-5 sore. 

Beberapa keuntungan dan apa manfaat dari lari sore? 

  • Anda akan mendapat inspirasi hidup dan mendapat solusi dari permasalahan anda
  • Membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak (jika dilakukan sesuai aturan)
  • Memulihkan diri dari stres sepanjang hari
  • Meningkatkan energi dan pernapasan
  • Menghindari disfungsi seksual (lari dapat meningkatkan vitalitas)
  • Melatih otak untuk cepat berpikir
  • Menjaga tekanan darah

Kerugian dari jogging atau lari sore adalah Anda tidak akan mendapat vitamin D dari matahari dan sulit tidur jika dilakukan terlalu keras. 

Manfaat Jogging / lari sore menurut Penelitian 
Ada penelitian yang menyatakan bahwa performa tubuh anda akan meningkat ketika sore hari, yaitu pukul / jam 2- 6 petang. Pada rentang waktu itu, tubuh anda akan berada pada puncak performa sehingga aktivitas olahraga yang akan anda lakukan sangatlah efektif. 

Kemampuan penyerapan oksigen juga lebih tinggi ketika petang datang. Maka dari itu anda akan memiliki reaksi lebih cepat serta lebih fokus, khususnya ketika melakukan olahraga intensitas tinggi. Di sore hari detak jantung serta tekanan darah anda juga akan lebih rendah sehingga mengurangi risiko terjadi cedera saat performa tubuh meningkat. 

Dalam studi lain menyakan, olahraga di sore hari akan berpengaruh positif pada kualitas tidur kita. Durasi tidur kita akan lebih lama dibanding melakukan aktivitas olahraga pada pagi hari. 

Tidak berhenti disitu saja, manfaat lari sore bagi orang gemuk ada benarnya. Sebab metabolis menjadi lancar dan proses pembakaran kalori semakin meningkat secara batas normal. 

Manfaat jogging sore lainnya adalah anda akan mudah lepas dari sres yang anda terima sepanjang hari. 

Otot tubuh anda menjadi fleksibel pada saat bangun pagi. 

Dan tentunya anda tak perlu bersusah payah melakukan jogging sore, sebab anda tidak perlu bangun pagi hahaha. 

Kesimpulannya antara lain : 

  1. Jika anda ingin cepat gemuk, maka lakukan jogging pagi
  2. Jika anda ingin cepat kurus, maka lakukan jogging siang
  3. Dan jika anda ingin mudah tidur, jogginglah sore hari

Tambahan : 
Jam berapa waktu jogging yang baik? 

  • Pukul 05:00-06:30 : waktu yang baik untuk pernapasan. Pada Rentang waktu ini kita dianjurkan olahraga ringan seperti yoga, jogging kecil, dan lain-lain.
  • Pukul 06:30-09:00 : adalah waktu yang baik untuk lari karena bermanfaat untuk stamina anda.
  • Pukul 09.00 – 11-00 : biasanya rentang waktu ini digunakan oleh para atlet lari.
  • Pukul 011.00 – 14.00 : rentang waktu ini sangat tidak dianjurkan untuk joggng / lari, karena sinar matahari sangat panas.
  • Pukul 14.00 – 16.00 : ini adalah waktu tepat untuk mekalukan jogging sore
  • Pukul 16.00 – 17.00 : lari pada jam ini sangat baik untuk kesehatan anda.
  • Pukul 17.00 – 18.00 : Adalah waktu yang banyak angin berhembus namun sedikit kotor berdebu.

Bagaimana dengan malam ? (manfaat jogging malam hari) 
Jogging malam hari bagi pemula akan terasa sakit dan suhu tubuh menjadi panas. Namun jika terbiasa, anda akan terbiasa, hehe. 

Jogging Malam biasanya dimulai jam pukul 18:00-21:00. Yang paling optimal hanya satu jam dari jam 7-8 malam. 

Keuntungan Jogging Malam, antara lain :
1. Meningkatkan konsentrasi dan fokus terhadap masalah yang dihadapi
2. Kecepatan berlari meningkat drastis

Kerugian lari malam diantaranya:
1. Lebih rentan penyakit pernafasan dan tubuh
2. Rentan kecelakaan karena cahaya yang gelap dan suhu yang lebih dingin.
3. Perlu waktu untuk mengosongkan perut
4. Harus berdiam diri selama 3 jam berolah sebelum otot kembali dapat dipakai secara maksimal.
5. Berpotensi badan menjadi panas dan sakit. 

Bonus : 
Manfaat lari pagi untuk kesuburan pria. Kok bisa? 

Lari dapat meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru. Sehingga anda dapat mengimbangi gairah dan intensitas saat di ranjang. Lari dapat merangsangang aktivitas jantung, sehingga performa seks anda semakin tinggi. 

Baca Juga  Inilah 7 Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Lari / jogging juga mencegah disfungsi ereksi. Kok bisa? Karena dengan lari, akan memperlancar sistem sirkulasi darah (tidak terjadi penyumbatan arteri atau tekanan darah tinggi). Jadi dengan jogging, alirah darah akan maksimal menuju penis. Tanpa pasokan darah cukup anda tidak akan mendapatkan ereksi. 

Namun lari berlebihan akan mengakibatkan berkurangnya testosteron, dimana hormon yang bertanggung jawab atas fungsi kelamin pria tidak maksimal. Kadar testosteron rendah menyebabkan berkurangnya gairah serta performa seks. Dan keseimbangan hormon sangat merugikan fungsi organ tubuh lain. 

Maka biasakan saja 2 sampai 3 sesi per minggu itu sudah cukup untuk memperbaiki performa seksual anda. 

Manfaat Jogging khusus untuk wanita, antara lain : 
Mengatasi nyeri Menstruasi 
Saat wanita lari khusus jogging pagi secara otomatis tubuh akan memunculkan endorphin yaitu hormon bahagia sehingga dapat menghilangkan rasa nyeri pada wanita menstruasi. 

Dapat memudahkan pola diet pada wanita 
manfaat jogging untuk diet bagi wanita, sebab dengan jogging dapat membakar kalori pada tubuh. 

Mempercantik kulit 
Dengan jogging, racun-racun dalam tubuh keluar melalui keringat sehingga kulit anda menjadi tampak indah, segar, dan kencang. Itulah manfaat jogging untuk kecantikan.

Tags : manfaat jogging bagi tubuh manfaat jogging magnetic/ trimmer manfaat jogging setiap sore manfaat jogging body plate manfaat jogging / sore bagi / orang kurus manfaat jogging pagi dan sore manfaat jogging untuk tinggi badan manfaat jogging untuk ibu hamil berapa lama jogging  manfaat jogging untuk kecantikan manfaat lari sore untuk wajah cara lari sore yang benar manfaat lari sore bagi orang gemuk manfaat lari sore untuk tinggi badan waktu yang tepat untuk olahraga si kurus manfaat lari sore bagi orang gemuk benarkah lari pagi bikin gemuk waktu yang tepat untuk jogging menaikkan berat badan olahraga untuk orang kurus menjadi gemuk manfaat lari pagi dan sore manfaat lari pagi untuk diet manfaat lari pagi untuk kecantikan manfaat lari pagi bagi pria cara jogging yang benar untuk meinggikan badan apakah lari di pagi hari bisa menurunkan berat badan? olahraga apa yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat? manfaat lari pagi bagi orang kurus manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat lari pagi untuk tinggi badan manfaat lari siang untuk tinggi badan manfaat lari siang untuk orang kurus lari siang jam berapa jam jogging sore yang baik manfaat jogging adalah manfaat utama jogging adalah untuk meningkatkan manfaat utama jogging adalah manfaat jogging pagi adalah manfaat utama latihan jogging adalah manfaat dari kegiatan jogging adalah manfaat utama latihan jogging adalah untuk meningkatkan salah satu manfaat jogging adalah manfaat utama melakukan latihan jogging adalah manfaat jogging plate manfaat jogging menurut para ahli manfaat jogging alodokter manfaat jogging tanpa alas kaki manfaat jogging pagi tanpa alas kaki manfaat jogging buat anak manfaat jogging sore apa apa manfaat jogging apa manfaat jogging pagi apa manfaat jogging di pagi hari apa manfaat jogging siang apakah manfaat jogging apa manfaat jogging di sore hari apa manfaat jogging malam apa manfaat jogging subuh apa manfaat jogging di siang hari artikel manfaat jogging manfaat jogging atau lari kecil manfaat lari atau jogging manfaat lari pagi atau jogging manfaat jogging bagi tubuh manfaat jogging bagi jantung manfaat jogging bagi wanita manfaat jogging bagi pria manfaat jogging bagi orang kurus manfaat jogging bagi pertumbuhan manfaat jogging bagi wajah manfaat jogging bagi kesehatan tubuh manfaat jogging bagi perokok manfaat jogging bagi otak manfaat berolahraga jogging manfaat bermain jogging manfaat water jogging belt manfaat jogging untuk bentuk tubuh manfaat jogging dan bersepeda manfaat jogging menambah berat badan manfaat jogging untuk menurunkan berat badan manfaat jogging untuk menambah berat badan beberapa manfaat jogging manfaat jogging bisa manfaat jogging body plate manfaat jogging siang bolong manfaat jogging untuk bokong manfaat jogging di siang bolong manfaat jogging bagi pemain bola manfaat jogging brainly manfaat brain jogging manfaat jogging buat orang kurus manfaat jogging buat kesehatan manfaat jogging buat tubuh manfaat jogging buat kulit manfaat jogging buat diabetes manfaat jogging di bulan puasa manfaat jogging saat datang bulan manfaat jogging untuk perut buncit contoh manfaat jogging manfaat jogging dalam bahasa inggris manfaat jogging dan skipping manfaat jogging dan jalan kaki manfaat jogging dan push up manfaat jogging dalam manfaat dari jogging manfaat dari jogging sore manfaat dari jogging pagi manfaat dari jogging sore hari manfaat jogging di siang hari manfaat jogging di pagi hari manfaat jogging di sore hari manfaat jogging di malam hari manfaat jogging di tempat manfaat jogging di subuh hari manfaat jogging di pantai manfaat jogging di treadmill manfaat jogging di waktu subuh manfaat jogging dan hiking manfaat dan efek jogging manfaat jogging untuk kesehatan fisik dan mental manfaat dan fungsi jogging manfaat jogging gambar manfaat jogging bagi orang gemuk manfaat jogging sore bagi orang gemuk manfaat jogging untuk ginjal manfaat jogging pagi hari manfaat jogging sore hari manfaat jogging setiap hari manfaat jogging siang hari manfaat jogging pagi hari bagi pria manfaat jogging tiap hari manfaat jogging malam hari manfaat jogging tengah hari manfaat jogging saat haid manfaat jogging saat hujan manfaat jogging untuk ibu hamil manfaat jogging jam 5 pagi manfaat jogging jam 12 siang manfaat jogging jam 10 pagi manfaat jogging jam 2 siang manfaat jogging jam 8 pagi manfaat jogging jam 9 pagi manfaat jogging jam 3 sore manfaat jogging jam 4 sore manfaat jaket jogging manfaat jogging menggunakan jaket parasut manfaat jogging untuk jerawat jelaskan manfaat jogging manfaat jogging jinjit manfaat jogging jam 4 pagi manfaat jogging untuk kaki manfaat jogging seminggu 3 kali manfaat jogging untuk kecantikan manfaat jogging bagi kesehatan manfaat jogging untuk kesehatan manfaat jogging untuk kesehatan wajah manfaat jogging bagi kecantikan manfaat jogging bagi kesehatan mata manfaat jogging pagi kesehatan apa manfaat kita jogging manfaat kopi jogging manfaat jogging untuk kulit manfaat jogging bagi kulit manfaat jogging untuk kulit wajah manfaat jogging untuk orang kurus manfaat jogging untuk badan kurus manfaat jogging untuk pria kurus manfaat jogging untuk si kurus manfaat jogging lari pagi manfaat latihan jogging manfaat jogging untuk lambung manfaat lari jogging manfaat utama latihan jogging manfaat lari jogging sore manfaat dari latihan jogging manfaat lari jogging untuk tubuh manfaat jogging untuk membakar lemak lima manfaat jogging manfaat jogging magnetik trimmer manfaat jogging magnetic manfaat jogging magnetik manfaat mantel jogging manfaat makan jogging manfaat dan kerugian jogging malam manfaat melakukan jogging manfaat melakukan jogging secara teratur manfaat jogging 30 menit manfaat jogging 12 menit manfaat jogging 30 menit setiap hari manfaat jogging saat menstruasi manfaat jogging 1 minggu sekali manfaat nikita jogging manfaat jogging olahraga manfaat olahraga jogging di pagi hari manfaat olahraga jogging sore manfaat olahraga jogging pagi manfaat olahraga jogging plate manfaat olahraga jogging untuk kesehatan manfaat olahraga jogging di siang hari manfaat olahraga jogging di sore hari manfaat olahraga jogging pagi hari manfaat olahraga jogging untuk tubuh manfaat jogging sore bagi orang kurus manfaat jogging sore untuk orang kurus manfaat jogging pagi bagi orang kurus manfaat jogging untuk otot manfaat jogging untuk otak manfaat jogging bagi otot manfaat jogging untuk pembentukan otot manfaat jogging pagi manfaat jogging pagi bagi wanita manfaat jogging pada sore hari manfaat jogging pagi untuk diet manfaat jogging pagi dan sore manfaat jogging pagi setiap hari manfaat joging pakai jaket manfaat jogging pagi 30 menit manfaat jogging pagi untuk kecantikan manfaat jogging pdf manfaat jogging pada siang hari manfaat jogging pada pagi hari manfaat jogging pada saat puasa manfaat jogging pada wanita manfaat jogging petang manfaat penting jogging manfaat jogging untuk perut manfaat jogging untuk pertumbuhan manfaat jogging bagi perempuan manfaat jogging untuk pria manfaat jogging pagi bagi pria manfaat jogging untuk vitalitas pria manfaat jogging saat puasa manfaat jogging pagi saat puasa manfaat jogging 10 menit manfaat rajin jogging manfaat olahraga jogging manfaat dari olahraga jogging rangkuman manfaat joging manfaat jogging rutin manfaat jogging rutin setiap hari manfaat rutin jogging pagi manfaat jogging secara rutin manfaat jogging satu jam manfaat jogging setiap pagi manfaat jogging setiap sore manfaat jogging seminggu sekali manfaat jogging secara teratur manfaat jogging setelah subuh manfaat jogging selama 30 menit manfaat sering jogging manfaat joging siang hari manfaat joging siang manfaat jogging pagi siang dan sore apa manfaat jogging siang hari manfaat jogging pagi siang sore manfaat slow jogging manfaat jogging sore manfaat jogging sore bagi wanita manfaat jogging sore dan pagi manfaat jogging sore setiap hari manfaat jogging sore untuk diet manfaat jogging sore bagi tubuh manfaat jogging sore untuk tubuh manfaat jogging sore bagi kesehatan manfaat jogging subuh manfaat jogging waktu subuh manfaat jogging tanpa sepatu manfaat jogging di tanjakan manfaat jogging teratur manfaat jogging terhadap tubuh manfaat jogging di tengah hari manfaat jogging trimmer manfaat jogging track manfaat jogging magnetic trimmer manfaat jogging untuk tubuh manfaat jogging untuk membentuk tubuh manfaat jogging untuk tinggi badan manfaat jogging untuk wajah manfaat jogging untuk diet manfaat utama jogging manfaat jogging untuk vitalitas manfaat jogging wanita manfaat water jogging manfaat jogging untuk wanita manfaat jogging di waktu sore hari

Jefar Share anything for anyone

7 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Melakukan mencuci tangan secara rutin sangatlah penting. Karena manfaatnya lebih besar untuk mencegah berbagai macam penyakit maupun bakteri yang bisa saja terbawa oleh telapak...
Jefar
1 min read

7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara alami

Cara menghilangkan Bau ketiak – Bau ketika tidak bisa diabaikan begitu saja, sebab masalah bau ini sangat tidak kita inginkan oleh diri sendiri ataupun...
Jefar
1 min read

Manfaat Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

Manfaat  daun sirih untuk gigi – Siapa yang tidak tahu, rasa sakit gigi itu seperti rasa ditinggal kekasih, pas lagi sayang-sayangnya. Ya, saya pernah...
Jefar
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *