Usaha Pom Pertamini : Syarat dan Rincian Modal (Berdasarkan Pengalaman)

By On Rabu, Juli 22nd, 2020 Categories : Bisnis

Bisnis yang tidak pernah mengalami kerugian dan tidak mengenal yang namanya kadaluarsa adalah bisnis Pom Bensin Mini. Usaha satu ini benar-benar dibutuhkan di sudut-sudut kota atau pedesaan, dimana jarak antara pemukiman dengan pom spbu besar lumayan jauh. Kesimpulannya, usaha yang tak kalah menarik, tentu saja usaha pertamini di desa.

cara membuat pertamini terbilang sangatlah mudah sekali. usaha pom bensin ini dapat meraup keuntungan puluhan juta dalam satu bulan saja, apalagi jika digabungkan dengan menjual barang kelontong.

Maka dari itu, saya akan membagikan syarat mendirikan spbu mini pertamina, supaya menjadi bahan referensi Anda.

Pengalaman usaha pertamini

Segala yang akan saya jelaskan di artikel ini adalah berdasarkan hasil pengalaman usaha pertamini oleh Ibu saya sendiri. Ya, ibu saya membuka bisnis pom mini di depan rumahnya. Dan memang benar, jenis usaha ini sangatlah menguntungkan. Terlebih lagi, ibu saya juga menjual dagangan lain, seperti rokok, minuman ringan, dan lain-lain.

Awalnya ibu saya membuka bisnis dengan cara sederhana, yakni menggunakan derijen ataupun botol serta corong kecil. Saat itu memang sudah menguntungkan, tapi kurang memuaskan hasilnya. Dan setelah menggunakan pom pertamini, penjualan semakin laku keras. Mungkin para pembeli lebih percaya dengan mesin, padahal menurut saya sama saja kok, tidak ada perbedaanya.

Dengan mesin pom bensin mini digital, pembeli dapat melihat takaran atau literan bensin di tampilan digital. Itu mungkin salah satu sebab, orang lebih percaya. Kesannya seperti beli di spbu besar, mungkin.

Baca Juga  11 Ide Bisnis Online Modal 100 Ribu hasil Jutaan

Target Pasar Usaha Pertamini

Percaya sama saya, Ibu saya sendiri sudah membuktikannya. Dimana usaha ini benar-benar tidak akan ada matinya, bahkan semakin laris.

Lah kok bisa? Ya jelas. Liat sendiri, semakin kesini semakin banyak kendaraan bermotor diproduksi. Semakin banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.  Bahkan asal tahu saja, dalam 1 rumah saja, ada loh yang memiliki 5 motor bahkan lebih. Dan itu tidak hanya perumahan di kota besar, tapi di desa –desa juga.

Dengan pesatnya orang memiliki kendaraan pribadi, tapi tidak dibarengi dengan penambahan SPBU besar, itulah celah atau peluang bagi Anda yang ingin mendirikan usaha pom mini rumahan.

Keuntungan dan kerugian pom mini

Keuntungan pom mini digital

Oke, Adapun keuntungan bisnis ini berdasarkan keterangan dari Ibu saya sendiri saat menjual bensin eceran menggunakan pertamini di pinggiran kabupaten Tegal, antara lain :

Ibu saya mendapat keuntungan setiap harinya sekitar Rp 100.000 (relatif)

Dalam sebulan, ibu saya mendapat keuntungan dari menjual bensin eceran ini, yakni Rp 100 ribu X 30 hari  = Rp 30 juta (relatif).

Nah coba Anda perhatikan, keuntungannya saja sedemikian besar. Padahal Ibu saya berjualan di desa, yang tidak terlalu rame lalu lalang kendaraan bermotor. Coba Anda bayangkan jika ibu saya berjualan di tempat strategis, berapa banyak keuntungan yang ibu saya raih? Haha pasti banyak.

Percaya atau tidak, sebelum Ibu saya menjual bensin eceran menggunakan mesin pertamini, dulunya beliau menjual dengan menggunakan botol air mineral. Dan mau tahu hasil keuntungan setiap harinya? Cuma Rp 30 ribu saja, dan 1 bulannya hanya mendapat Rp 900 ribu. Ya lumayan sih. Tapi lihat ketika beralih menggunakan pom mini, alhasil Rp 3 juta mampu diraih dalam satu bulan (lokasi di desa). Dengan modal usaha pom bensin pertamini sekali seumur hidup (selama tidak rusak atau menambah alat), pemasukan jutaan mudah didapatkan.

Baca Juga  Ide Bisnis Modal 10 Ribu dengan Profit Menguntungkan Hanya dari Rumah

Kelemahan usaha pertamini

Ada beberapa kelemahan dalam usaha pom mini digital ini, antara lain :

  • Pasokan bensin dari SPBU sering dibatasi pembeliannya
  • Mudah terjadi ledakan kebakaran
  • Sering terjadi kerusakan mesin atau digital elektronik pada tampilan angka (untung bapak saya tahu elektronik, jadi benerin sendiri)

Berapa Modal Usaha Pom Bensin Mini ?

Adapun rincian untuk modal membuka usaha pom mini, antara lain :

Biaya satu unit harga pertamini digital 2 nozzleharga  Rp 22.000.000
Biaya Listrik Perbulan Rp 50.000
Biaya Bensi 100 liter @ 76500Rp 765.000 (Pertalite)
Biaya Pembuatan Spanduk dan PlangRp 600.000
Alat portable pemadam kebakaranRp 150.000
Total modal usahaRp 23.565.000 (relatif)

*note : ibu saya memakai alat pom mini double mesin (Pertalite + Pertamax). Jika Anda ingin memakai Single Mesin atau 1 mesin, harga harga pom mini / pertamini digital Rp 10 juta (relatif) per unit.

Untuk informasi, banyak jenis alat pom mini, yakni ada yang model digital dan pom mini manual. Ada yang sistem tanam (tangki bensin dipendam ke tanah) dan portable (ada roda, bisa dipindah digeser).

Jadi cara memasang pom mini itu berbeda-beda. Kalau punya ibu saya, bukan sistem tanam ataupun portable. Tapi menggunakan Drum besar Pertamina yang disambung langsung ke alat pom mini. Mungkin ini bisa dinamakan modifikasi keduanya.

Laba dari Usaha Pom Bensin Mini atau Pertamini

Untuk hal ini semuanya serba relatif, jadi tidak akan sama labanya. Semua tergantung harga jual, lokasi usaha, dan keberuntungan.

Menurut ibu saya, rinciannya seperti ini :

Harga beli di SPBU (2020) Rp 7650 / liter (Pertalite)

Harga jual bensi Rp. 9000 / liter

Maka keuntungan yang ibu saya peroleh sekitar Rp 1.350 / liter (kotor).

Baca Juga  Peluang Usaha dengan Modal 20 Ribu yang Menjanjikan Ditengah Pandemi

Untuk informasi tambahan, dalam setiap pembelian bensin 30 liter di SPBU, maka akan berkurang 1 liter. Kok bisa? Sebab sifat bensin itu gampang menguap. Dan Anda juga akan dikenakan biaya tambahan dalam setiap pembelian 1 derigen dari pihak SPBU sekitar Rp 1000.

Cara izin usaha pom bensin mini

Menurut ibu saya, beliau membuat surat ijin usaha pom bensin mini memalui RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan. Lalu akan diteruskan ke polisian setempat. Dan tentu meminta persetujuan dari pihak SPBU setempat yang diharuskan mengisi formulir. Dan yang terakhir, formulir tersebut diserahkan kepada Dinas Perindustrian untuk disetujui.  Dan hanya beberapa hari Surat ijin tersebut beliau peroleh.

Kalau tidak memakai surat ijin, apa bisa?

Tentu bahaya, Anda mungkin akan terkena sanksi dari pemerintah. Sebab dalam peraturan Pemerintah pusat dilarang menjual bahan bakar bensin ke dalam derijen kecuali ada surat ijin dari Dinas Perindustrian.

Disamping itu, jika Anda akan membeli 100 liter bensin di SPBU, maka Anda akan ditolak jika tidak memiliki surat ijin.

contoh surat izin usaha pertamini

contoh proposal usaha pom mini

Cara mendapatkan pasokan bensin pertamini

Intinya seperti penjelasan Saya di atas, Anda harus memiliki Surat Ijin untuk membeli pasokan bensin pertamini.

Untuk tips yang mungkin Anda butuhkan, cobalah gunakan tangki mobil Anda untuk membeli bensin di SPBU, setelah itu disedot kembali bensin dari tangki mobil Anda lalu pindahkan ke Alat Pompa Mini Anda.

Dan usahakan untuk membeli pasokan bensin, waktu yang tepat adalah di malam hari. Dimana tidak terlalu ramai akan pembeli dari kendaraan bermotor. Bukan hanya agar lebih lenggang antriannya, tapi juga kasian para pengguna kendaraan bermotor yang lebih butuh cepat isi bensin.

Usaha Pom Pertamini : Syarat dan Rincian Modal (Berdasarkan Pengalaman) | Jefar | 4.5