Jefar Share anything for anyone

Daftar 50 Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nama-Nama Alat Musik Modern

1. Gitar Akustik

Gitar akustik merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Umumnya menggunakan jari maupun plektrum.

Gitar terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam / Metal dan terdapat 6 senar untuk dimainkan. Bagian atas dan bawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning.

2. Gitar Listrik

Gitar listrik merupakan jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk merubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut “pick up”. Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb maupun distorsi.

3. Gitar Bass

Gitar bass merupakan alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tetapi bass memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar.

Bobot dari biasanya lebih berat daripada gitar listrik, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada leher gitar.Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar.

Ada banyak macam bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera, bass listrik biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band dan bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada kolom/pembatas pada papan tekan pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik

4. Piano

Piano merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan, bentuk dan fungsi piano kurang lebih seperti keyboard. Namun, ukuran piano lebih besar dari pada keyboard, dan piano lebih banyak tuts-nya dari pada keyboard, sedangkan keyboard cuma terdiri dari 5 tuts saja, atau ada juga keyboard yang lebih dari 5 tuts, itupun keyboard tertentu saja.

Baca Juga  10 Alat Musik Modern dan Asal Negaranya

Adapun sebutan bagi pemain piano yaitu Pianis,piano juga merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian dari furnitur yang indah. Karenanya alat musik ini membutuhkan perawatan yang baik dari pemiliknya.

5. Drum

Drum merupakan alat musik yang termasuk kedalam golongan perkusi. Pada drum, setidaknya l terdiri dari satu buah membran atau lebih. Membran-membran ini biasa disebut sebagai Drum-head atau kulit drum. Pada umumnya, drumhead di pasang di bagian atas dan bawah dari drum shell, dan menghasilkan bunyi ketika drum-head tersebut dipukul, baik menggunakan tangan atau tongkat pemukul yang biasa di sebut drum stick. Suara tersebut dihasilkan dari resonansi getaran pada drum-head, yang merupakan hasil dari tabrakan udara yang berada di dalam shell dengan dinding shell dan drum-head bagian bawah. Suara yang dihasilkan sangant bervariatif tergantung dari jenis drum-head yang digunakan, bahan shell yang digunakan, dan ukuran dari shell tersebut.
Drum merupakan alat musik tertua, dan digunakan di seluruh belahan dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Mengikuti perkembangan jaman, drum telah berevolusi hingga seperti bentuk yang kita kenal sekarang.

6. Biola

Biola merupakan sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu viola dancello, biola yang memiliki nada tertinggi. Kertasmusik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G. Biola dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu.

7. Obo

Obo merupakan alat musik double reed jenis woodwind.obo merupakan keturunan dari shawm. Kata “obo” berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti “high wood”. Alat musik ini terkadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.

8. Saksofon

Saksofon merupakan instrumen yang masih tergolong dalam keluarga brasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakan ciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

Baca Juga  Kumpulan 8 Alat Musik Tradisional dan Keterangannya (Gambar)

9. Flute

Flute merupakan instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flutemodern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasikeduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak,atau logam yang dilapisi perak.

10. Terompet

Terompet merupakan alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antarat tuba, trombon, sousafon, French horn, dan Barinton.Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Tentu saja semua orang dapat bermain trompet. Namun, bagi pemain trompet, dibutuhkan nafas yang panjang dan kuat. Umumnya, perokok sedikit sulit memainkannya karena napas nya yang lebih pendek daripada orang yang bukan perokok. Jadi, jika Anda menyukai alat musik tiup seperti trompet ini, disarankan Anda untuk tidak merokok atau mempunyai aktivitas atau kebiasaan atau penyakit yang menjadikan Anda bernapas pendek.

11. Harmonika

Harmonika merupakan alat musik yang paling mudah dimainkan.Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama ‘Sheng’ yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa.

12. Keyboard

Keyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan.Keybord merupakan alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board).

Keyboard memiliki ciri-ciri,diantaranya:
– Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
– Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
– Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
– Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam dan lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

13. Sitar

Sitar merupakan alat musik yang paling populer dan diterima dengan baik sebagai alat musik khas India Utara. Basis Sitar dibuat dari labu labu. Sitar datang di berbagai kualitas dengan harga yang berbeda sesuai dengan dekorasi ukiran. Instrumen string ini banyak digunakan dalam pertunjukan klasik cahaya. Ada yang memproduksi Sitar dengan desain yang tak tertandingi dengan ukiran kayu. Sungguh membuatnya sangat artistik.

Baca Juga  10 Alat Musik Modern dan Asal Negaranya

Alat bersenar ini mempunyai lima hingga tujuh tali dawai (dua hingga empat tali digunakan untuk memainkan melodi, dan 3 tali untuk dengung). Dibuat dari kayu yang berbentuk bujur seakan sebelah buah pear.
Cara memainkan Sitar adalah dengan meletakkannya dengan cara terlentang dan dipetik dengan jari-jari sebelah tangan. Jari-jari tangan sebelah lagi menekan dan menarik pada berbagai kedudukan di tali-tali yang mengeluarkan berbagai tingkat suara dan melodi. Sitar biasanya dimainkan dalam kumpulan instrumental kecil atau sebagai alat solo

14. Pianika

Alat musik pianika termasuk alat musik melodi yang merupakan alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilahan-bilahan nadanya ada yang berwarna putih untuk nada-nada asli (natural) dan ada yang berwarna hitam-hitam untuk memainkan nada-nada kromatis.

15. Suling

Suling merupakan alat musik dengan cara ditiup untuk memainkannya yang terbuat dari bambu. suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.

suling modern untuk para ahli musik umumnya terbuat dari perak,emas ataupun campuran keduanya. sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.

suling konser standar ditalakan di c dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle c. akan tetapi, pada beberapa suling untuk para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada b di bawah middle c. ini berarti suling merupakan salah satu alat musik orkes yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari suling. piccolo adalah suling kecil yang ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari suling konser standar. piccolo juga umumnya digunakan dalam orkes

Bonus 50 Alat Musik Modern

1.gitar
2. biola
3.bass
4.cello
5.piano
6.trompet
7.trombon
8.French horn
9. tuba
10. Drum
 11. gendang
12. bongo
13. simbal
14. gambang
15. piano
16. organ
17. piano listrik
18. piano digital
19. synthesizer
20. piccolo
21. flute
22. klarinet
23. oboe
24. saxophone
25. bassoon
26. akordion
27.harmonika
28. double bass
29. bow biola
30. keyboard
31. clarinet
32.vibraphone
33. harpa
34.triangle
35.tamburin
36.banjo
37. ukulele
38. zither
39.english horn
40.recorder
41.kazoo
42.kettledrum
43.snare drum
44.marakas
45.elektronik gitar
46.bas gitar
47.amplifier
48.string
49.rimpani
50.kastanet

Jefar Share anything for anyone

Kumpulan 8 Alat Musik Tradisional dan Keterangannya (Gambar)

Inilah daftar 8 Kumpulan Alat Musik Tradisional dan Keterangannya (Gambar)
Jefar
4 min read

10 Alat Musik Modern dan Asal Negaranya

Inilah daftar 10 alat musik modern beserta asal negaranya.
Jefar
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *